jump to navigation

Ngempan Papan 1 Mei 2007

Posted by susilobu in Uncategorized.
trackback

kaca-pembesar2.jpgNgempan papan adalah bagaimana kita menempatkan diri dalam suatu lingkungan tertentu. Jika anda seorang bawahan, bagaimana anda memposisikan diri anda sebagai bawahan. Jika anda seorang atasan, maka bagaimana anda bertindak dan menempatkan diri anda sebagai atasan yang menjadi contoh serta role model bagi sebagian besar kita yang masih menganut budaya paternalis.

Oleh karena itu, jika “kebetulan” kita sedang berada pada posisi bawahan, maka jangan sekali-kali kita berperan sebgai pimpinan. Jika perusahaan anda m,enunjuk anda sebagai pimpinan, maka janganlah anda berperan sebagai bawahan. Karena perusahaan bagaimanapun juga telah menunjuk anda dengan mempertimbangakan berbagaii hal termasuk kompetensi anda yang dipandang mampu bertindak sebagai pimpinan.  

Dan yang lebih penting, perusahaan telah membayar anda sebagai pimpinan dan bukan sebagai bawahan. Oleh karena itu bertindaklah sesuai kapasitas anda. Tidak lebih, apalagi  kurang!

[Bandung, 1 Mei 2007]

Komentar»

1. nry - 3 Mei 2007

Setuju, tapi terkait alenia kedua tentang istilah “kebetulan” menurut saya jangan pergunakan istilah tersebut (barangkali pak ilo maksudnya demikian karena ditulisnya memakai “..”) Karena apapun profesi dan status kita saat ini sebenarnya ini bukanlah suatu kebetulan tapi itu memang peran yang diamanatkan oleh yang Maha Mengatur Kehidupan ini .. kalau kita saat ini jadi tukang sapu berarti memang harus ada yang disapu, kalau saat ini kita jadi penceramah berarti memang ada yang harus diperbaiki atau disampaikan, atau kalau saat ini kita jadi pimpinan perusahaan berarti memang diperlukan kepemimpinan untuk mencapai suatu tujuan perusahaan .. dst .
Makna yang ingin saya sampaikan dari contoh di atas adalah “Apapun Peran kita adalah terkandung suatu nilai yang sangat tinggi yaitu AMANAH, yang harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh dan selalu berupaya mendapatkan Ridho Allah swt”.
nb: Saya nulis ini butuh waktu +/- 10 Menit berarti jam pulang saya nanti harus saya tambah minimal 10 menit.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: