jump to navigation

Lebih Mudah Edit Foto Dengan ACDSee 29 Maret 2007

Posted by susilobu in Fotografi.
trackback

yassli.jpgHadirnya foto digital membuat semua orang bisa menjadi fotografer dengan mudah. Apalagi kamera digital dengan berbagai spesifikasi banyak tersedia dengan harga terjangkau. Kamera Nikon yang kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi, bisa didapat dengan harga di bawah 3 juta rupiah untuk spesifikasi 5.0 MP dan seabrek fitur. Namun, kamera digital jenis pocket tentu masih memiliki keterbatasan. Antara lain kemampuan blitz yang tidak terlalu memadai. Sehingga foto dalam ruangan yang menggunakan blitz kerap menghasilkan gambar yang terlalu gelap. Nah, hasil jepretan yang terlalu gelap inilah yang sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan mudah di komputer dengan software sederhana. Tidak perlu pusing membayangkan harus menggunakan Photoshop yang rumit, memperbaiki kualitas foto bisa dilakukan dengan ACDSee yang selama ini banyak digunakan sebagai viewer file gambar. Selain mudah pengoperasiannya, ACDSee juga tersedia dalam versi shareware, alias kita tidak perlu membeli software tersebut. Bisa didownload di mana-mana dengan gratis.
Dimulai dengan membuka file foto yang akan diedit di ACDSee. Kemudian pilih menu Editor pada Toolbar.
yass-select-editor.jpg
Editor ACDSee akan terbuka dengan foto yang akan kita edit di dalamnya. Untuk memperbaiki gambar yang terlalu gelap, kita akan menggunakan fitur Levels. Klik tombol Levels pada toolbar.
yass-select-levels.jpg
Pilihan untuk memperbaiki level terang-gelap akan muncul. Kita sebenarnya bisa memilih pengaturan yang paling cocok buat kita. Tinggal geser-geser slider-nya kemudian klik Proof untuk melihat hasil perubahannya sebelum di-OK. Tapi yang paling mudah, cukup dengan menaikkan level Gamma sampai maksimal dan menaikkan level Contrast ke atas sebanyak 3 strip. Pengaturan tersebut akan membuat gambar yang agak gelap menjadi lebih terang dan tetap tajam.
yass-levels.jpg
Mudah, bukan? ) Editing sederhana dengan ACDSee seperti di atas sangat membantu untuk memperbaiki hasil jepretan kita yang terlalu gelap menjadi lebih terang dan cerah.
yass1.jpg yass1a.jpg
[silo]
30 Maret 2007 Disarikan dari http://rinto.wordpress.com

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: