jump to navigation

Cara Murah Bermain Golf 29 Maret 2007

Posted by susilobu in Golf.
trackback

golf1.jpgPersepsi luas yang melihat golf sebagai sebuah olahraga mahal hingga sekarang masih melekat kuat di sebagian masyarakat. Persepsi ini bisa dimengerti. Karena selama ini para pegolf yang datang ke padang-padang golf, selalu mengendarai kendaraan pribadi. Dan di Indonesia, setiap orang yang memiliki kendaraan pribadi, masih dianggap sebagai anggota kelompok masyarakat berpunya, berstatus sosial yang lebih tinggi atau masuk kategori kelas menengah. Belum lagi, kalau melihat ada pegolf yang datang ke padang golf memang sengaja ”pamer”, mulai dari pamer kendaraan, pamer pakaian, sampai dengan pamer asesoris. Maka bagi orang yang tidak mengerti esensi secara benar tentang golf, makin lengkap dan bertambah kuatlah kesan tersebut bahwa golf memang sebuah kegiatan yang mahal!

Keberadaan golf di Indonesia memang belum lagi seperti di negara-negara seperti Inggeris, Amerika atau Australia. Di mana yang dijadikan ukuran untuk menilai seorang pegolf adalah melalui penampilan luarnya. Yakni dari kendararaan yang digunakannya ke padang golf, merek stik dan tas golf yang dikeluarkan dari bagasi kendaraan, serta pakaian yang dikenakan hingga asesoris yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Dan ironisnya, berhubung belum ada pegolf senior yang bersedia (berani) memberikan sosialisasi tentang hal ini, maka persepsi keliru ini, makin dianggap sebagai sesuatu yang benar. Padahal untuk menilai apakah seseorang itu betul-betul seorang pegolf, semestinya harus dilihat dari kemampuannya bermain atau pada angka berapa handicap-nya bertengger. Juga ketika ia bermain di lapangan, sejauh mana ia mempraktekkan tata cara yang sesuai dengan aturan. Termasuk etika.  Di tiga negara yang disebutkan di atas, di mana golf sudah merupakan olahraga masyarakat luas, tidak semua pegolf yang ingin main golf lantas selalu datang ke padang golf dengan mengendarai kendaraan pribadi. Mereka datang ke padang golf cukup mengendarai kendaraan umum : taksi, bis bahkan kereta api. Ketika melakukan tee off, mereka tidak dilayani oleh caddy. Semuanya dilakukan sendiri, secara mandiri. Soalnya golf sudah begitu merakyat. 

golf2.jpgDi daerah Queensland, Australia, misalnya, kawasan pantai yang paling banyak disinari matahari sepanjang tahun dan juga terkenal sebagai kawasan wisata yang memiliki banyak padang golf, bukan hanya mereka yang ”berkerah putih” atau ”white collar” yang sering kelihatan bermain golf. Tapi juga termasuk para sopir taksi , pengemudi bis, ataupun buruh bangunan. Sopir-sopir taksi di Queesland, rata-rata menyimpan atau membawa beberapa perangkat golf di kendaraannya. Seperti sebuah ”driver”, kayu nomor lima, besi nomor lima, tujuh, pitching, sand wedge dan putter. Oleh karena itu bila anda berada di Queensland, jangan kaget jika anda berjumpa dengan sopir taksi, yang mempunyai handicap ”single”. Sopir taksi seperti itu, bisa mempunyai handicap ”single”, karena ia memainkan golf sebagai salah satu kegiatan hidupnya. Manakala sepi penumpang dan kebetulan berada di sekitar padang golf umum, sopir tersebut langsung saja memarkir kendaraannya di club house, lalu membayar green fee dan bermain 9 hole atau lebih. Karena kegiatan ini menjadi rutin, maka jadilah ia seorang sopir sekaligus pegolf. 

Masih di negara seperti Australia, seorang sopir taksi yang menjemput tamu asing di bandara atau hotel, tiba-tiba saja menjadi ramah dan bersahabat, ketika ia ikut menggotong tas yang berisikan stik golf ke dalam bagasi. Keramahan itu ia perlihatkan melalui sapaan kata-kata simpatik seperti : ”Berapa handicap tuan?” atau ”….wah ini hari yang baik untuk golfing”. Kemudian sebelum berpisah, ia masih memberi informasi di mana lapangan golf yang bagus dan menutupnya dengan: ”semoga tuan main bagus”. Situasi mana tidak akan pernah atau jarang sekali kita temui di Indonesia. Seorang sopir taxi (di Indonesia) yang mengangkut penumpang dengan bagasi stik golf, boleh jadi akan berfikir lain. Dalam beberapa hal, memang ada benarnya golf sebagai sebuah kegiatan olahraga yang mahal. Betapa tidak, ketika seseorang memutuskan untuk menjadi pegolf, maka biasanya yang dia lakukan pergi ke toko golf. Celakanya lagi, kalau ia pergi sendirian dan tanpa minta saran dari rekan yang sudah menekuni golf. Maka ketika tiba di toko golf yang dia tanyakan adalah mana stik golf yang paling baru. Atau mana yang paling mahal. Mana yang dipakai oleh para juara. Si penjual pun pasti sudah tahu, bahwa calon pembeli tersebut, seorang pegolf yang belum bisa main golf. Bila kebetulan di toko tersebut ada stik seperti yang ditanyakan, maka jadilah si pegolf (baru) ini sebagai penyebar persepsi yang keliru tentang cara bermain golf (yang murah). Bisa dibayangkan, kalau seseorang yang duitnya tidak punya seri dan sangat menjaga penampilan dan gengsi pribadi, lalu ditawari sebuah stik – katakanlah – merek ”Honma” (Jepang), bintang lima. Ditambah dengan bumbu-bumbu si penjual, maka stik golf berharga di atas Rp. 100,- juta itu, serta merta langsung dibeli. 

Padahal permainan golf tidak ditentukan oleh mahal tidaknya sebuah stik. Stik yang baru juga bukan jaminan. Stik golf yang murah dan bekas, tidak serta merta tak akan cocok bagi pemula atau pun para pegolf handal ber-handicap ”single”. Di Jakarta atau Indonesia pun sebetulnya banyak stik murah, bekas yang masih sangat layak untuk digunakan oleh pegolf. 

Di toko-toko golf yang khusus menjual stik-stik bekas, sebuah perangkat golf lengkap bahkan ada yang bisa dibeli dengan harga di bawah Rp. 1,- juta. Coba bandingkan perlengkapan ini dengan yang diperlukan oleh seorang pamin bulutangkis atau tennis. 

Bola golf memang relatif mahal. Tapi untuk pemula, menggunakan bola-bola bekas pun sangat dianjurkan. Bola bekas yang berharga Rp3.000-an banyak dijual di setiap hole oleh para ”retailer” bola bekas. Di sini jelas bedanya antara bola golf dan bola tennis atau bulutangkis. Bola golf bisa dipakai sampai bulanan atau tahunan, sepanjang bola tersebut tidak hilang atau masuk kolam air atau hutan berular. 
Dan masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan, sehingga siapapun bisa memainkan golf dengan cara (harga) murah. Kuncinya tergantung pada anda sendiri. Sama halnya dengan permainanan golf sendiri. Skor yang bisa kita cetak, bukan tergantung pada orang lain, lawan main, melainkan pada diri kita sendiri.

[silo]

dari berbagai sumber

About these ads

Komentar»

1. pakde - 4 April 2007

wong semarang iki memang hebat, salut, puas,puas puas. wis gak katro maneh.
thanks lo artikele apik tenan, yo iki jane sebenere, aku belajar golf yo ngganggo perlatan bekas kabeh , mulai durung iso nganti …saiki yo durungg nggenah. tapi duwe roso seneng olah raga golf, yen ra ono duwit yo ming ”drive” thok golek kringet. suwun artikele..more…

golf indonesia - 23 November 2010

wah ada yang lagi bahas tentang golf neh,, ikut gabung ya, mari kita tingkatkan mutu Golf Indonesia.

2. Ferry Utama - 4 Oktober 2007

Mas, punya artikel cara main golf untuk pemula…? saya ingin main tapi cara megang stick aja belum tau, baru punya stick bekas dikasih temen. atau mungkin punya tips untuk pemula …. terimakasih.

3. Fajar Widi - 24 Oktober 2007

artikel yang bagus, saya yg sebelumnya tdk kebayang bermain golf pun jadi berminat. Mohon infonya jika ada tmn2 atau relasi yg mo jual peralatan golf. saya cari yang bekas dan murah aja deh. Please contact saya di email bblastcomm@yahoo.com atau 08122788100

yenny purnamasari - 12 Januari 2010

pak widi klo mau beli stick golp ini ada sama saya 1 set komplit
Rp8000.000 bisa nego

ini no hp saya bila anda minat
081564679005
-yenny-

4. erlenasyahliec - 24 Januari 2008

please….please…
bantu donk..!!!
saya lagi butuh BOLA GOLF
saya ingin beli 1000pc
tolong price list nya dikirim ke email ku.(erlen_88@yahoo.com.id)
thanx

raymond - 9 September 2009

kalau mau bola golf kamu coba saja di raja golf yang di depan blok M plaza disitu dia suka menawarkan bola golf (borongan ) kira kira waktu itu saya ditawarin harganya Rp 40.000 ,-

5. Nindhia Kirana - 11 Februari 2008

waduh mas..thanks yah artikel nya..kbetulan aku mahasiswi yang juga lg
kepingin nyoba golf..tau tempat course yang murah ngga?

raymond - 9 September 2009

kalau driving di trakindo itu untuk bolanya Rp 60.000 ,- 100 bola lalu untuk trainernya Rp 150.000 ,-

di buncit (didepan stanplas busway warung jati) ada tempat driving golf yg sdh lama) itu utk bolanya Rp 20.000 ,- utk 50 bola untuk pelatihnya kalau pelatih lokal Rp 150.000 per jam namanya rudy, kalau pelatih asingnya Mark perjam Rp 400.000 ,- saya suka kesitu ngajarin temen temen yang wanita dikantor yang juga baru belajar biasanya sabtu atau minggu tapi gratis he he enak karena tempatnya tdk ramai dan banyak dipakai oleh org yg baru belajar baik org asing dan lokal

6. yenny - 14 Februari 2008

mas… aku lagi buat study kelayakan pembangunan lapangan golf data yang sekarang aku punya kayanya belum lengkap dech. bisa bantu aku mengenai prospek dan jumlah lapangan golf untuk wilayah jawa. trims.

sorry, saya nggak data yang anda perlukan.

7. dv - 22 Februari 2008

mas,,thanks artikel nya,, aku pingin belajar juga tuh klo emang murah.. punya panduan gimana bermain yg benar,,
klo pemula itu harus pake instruktur engga? thanks

8. Fajri - 8 April 2008

Dear Susilobu,
Mohon infomasinya tempat penjualan stick golf bekas di Jakarta, komplit yg satu set. Pernah saya ketemu yg satuan di Taman Puring dan Pasar Rumput. Mungkin bisa share?
Thanks a lot for your article. Salam golfer..

9. Johny - 12 Juni 2008

berapa sih harga satuan stik golf di pasar rumput?

10. Bogey Man - 26 Juni 2008

nyari stik bekas jangan di pasar rumput…cari di proshop tempat driving aja..

11. Ayo Golf - 15 Juli 2008

Buat yang baru belajar golf klik aja url ini: http://ayogolf.blogspot.com

12. Muhammad Hanugroho - 19 Agustus 2008

Kalo mau cari stick golf..coba cari di daerah patal senayan, yang jual namanya sholeh HP 081311026439 atau telpon tokonya 57905725. Sebagian besar temen di kantor kalo nyari peralatan2 golf di situ, apalagi yang second hand. Asal pinter nawarnya dan barangnya jg nggak asal2an alias abal2. Kalo mau beli biasanya boleh nyoba dulu mis iron 7 or 9, coba di driving range..kalo ok balik lagi trus negosiasi. Try it…

13. puji - 11 November 2008

cara mudah untuk main golf bagi pemula

14. surgazka - 24 Maret 2009

saya lagi jual stick golf second beragam merk kalo mau hubungi saya….

hansen - 14 November 2009

ada stick iron #4 merk taylormade ngak pak ?
kalo ada boleh hubungi saya,
terima kasih

sudirman - 15 April 2010

Tolong merk n harganya

15. Ray - 9 April 2009

Ayo ,yang baru beginner buka : golfsecret.blogspot.com

16. robert martin - 25 April 2009

Aku baru belajar…badan rasanya sakit semua, padahal udah pemanasan….
Jujur aku sgt sepakat dg penulis bahwa golf bukan olah raga mahal tp oknum personlah yg membuatnya mjd mahal.
Di sby byk jg perlatan golf seken…murah dan terjangkau…
Jd tergantung pribadi kita masing2 mau belajar golf dan menjadikannya olah raga yg menyehatkan atau ajang jual gengsi…hahahaha…
Yang mau belajar jgn menyerah byk solusi dlm bergolf.
Bravo golfer indonesia….

17. kamal - 5 Mei 2009

jika ingin mencari stik golf bekas yg bagus tanya aja sama pelatih2 di driving range, biasanya mereka punya stok stik yg mau dijual.

18. moeLa - 20 Mei 2009

tlng yg aktif maen, tanyain dimana beli tuh stick…
kl download e-book tetang golf yg free dimana ya?
thanks all

19. sigit - 7 Agustus 2009

say jual stick golf merk apa aja kecuali tietles baru stok gudang made in taiwan stick baru semua perlengkapn golf ada dibwh harga toko .
fajar 081280514277

20. praja - 8 September 2009

sebenarnya orang menengah pun bisa juga kok bermain golf asal ada kemauan…………

21. seno golf - 5 Februari 2010

saya ada barang stick golf new dan bekas.harga bisa nego.silahkan datang ke pro shop kami.seno golf jl.raya dukuh kupang 222.no tlp 031-5615127.hp 081357737060.

22. anita yuniar - 14 Februari 2010

Saya mau nawarin stick golf ada 11 stick, merk Wilson, berikut tas nya, kondisi masih bagus, di jual harga 1 juta saja.. hubungi: Anita 08159997030 atau 021-99955760

susilobu - 15 Februari 2010

silakan yang berminat bantu up deh…

tiur - 15 Mei 2010

Mbak nanya dunk masih ada ga stiknya ? apa sudah laku thanks

boysbrain.inc - 22 Agustus 2010

masih ada sticknya?

23. Mustadir Mahide - 24 Februari 2010

Kami juga kebetulan bergerak dibidang peralatan golf ( stick golf ) yang baru maupun second, termasuk golf bag, shaft wood, shaft iron dan acessories. Kami menyediakan berbagai macam merk seperti Callaway, Mizuno, Maruman, Honma, Wilson dan lain-lain. Bagi yang berminat silahkan hubungi kami : APIK GOLF CLUB FITTING
Driving Range Golf Kemayoran Jakarta Pusat

Mustadir Mahide 021-94066623, 0812 18822364
Edy Raedy 021-6542604
Dicky CS 021-95971345

24. sujno - 1 April 2010

pls ,..
saya butuh stik golf bekas dgn harga berkisar 1jt
tulung dong klu ada infokan tks

Aldy - 13 April 2010

perlu stick bekas untuk pemula?
hub Aldy 0818 81 81 81

25. jkt golf sport` - 6 Mei 2010

gebyar golf bekas….(second hand ) jual murah dari yang 1.000,000…..ada di sini cepat hub 0813 84 6666 91,. 021 71 4343 41 ,.. stok terbatas,…

26. jkt golf sport` - 6 Mei 2010

stik golf untuk pemula pemula ada di sini jakarta golf sport. bekas kondisi bagus orizinil,. huh 0813 84 6666 91 ,…021 71 434341,.

27. mat damon - 5 Juni 2010

Saya ada golf club merk renee berikut bag 1 set contain: wood 1,3,5 dan iron 3,4,5,6,7,8,9, pitching, sand dan dua putter.. siapa berminat silahkan kontak 08123758666

Yufie - 18 Juni 2010

Renee type apa? & mau dilepas brp?

28. mat damon - 18 Juni 2010

FX Carbon, harga japri aja ya

29. deterjen matic - 29 Juni 2010

Saya maniak Taylor Made nih, ada yg punya driver ™ terbaru original harga miring, kabarin ane ya…

30. Trans Bintaro - 3 Agustus 2010

Ada yg tau tempat service stick golf gak ya? Klo ada di daerah2 sekitar jakarta selatan/bsd/bintaro/serpong..

susilobu - 3 Agustus 2010

yang punya info, silakan….

Roland Hg Kalis - 15 November 2011

RC.Golf Master di Jln Pondok Aren 2 no 27A-21E Pondok Betung – Bintaro telp. 021 92786942 – Roland HG. Kalis

31. lina_maryani - 28 Agustus 2010

sy lagi mau but web golf, nemu yg bentuk indo,
memang mantap nih klo kita bisa main golf,
mulai dari megang, mukul, posisi badan
weeesss.. semua kudu klop

32. intimoel - 9 November 2010

info yang menarik. jadi lebih bersemangat berhunting stick golf nih.

ada yang mau menawarkan? :D sudah meng-SMS nomor-nomor yang diatas sih.

33. rival - 22 November 2010

saya rival menjual semua stik golf,second.new.berbagai merek.di jamin asli,barang bisa di antar ke tempat tujuan only jakarta,dan stik bisa di coba di drevin range silakan hub saya di no tlv 087875114200

34. Jojon - 19 Desember 2010

Saya ada tas golf bekas 30 buah,dijual borongan,harga murah.siapa cepat dia dapat

35. Jojon - 19 Desember 2010

Saya ada tas golf bekas 30 buah,dijual borongan,harga murah.bagi yg berminat hub saya di 085655592643.siapa cepat dia dapat

36. Edy - 25 Februari 2011

Saya ada banyak stik golf.Yg utama biasa dipakai Callaway Big Bertha Wood 3,5,9 Iron 5-9, P+S,Putter,Bag,Trolly Bag+Golf Bag.Mau dijualin semua.Yg lain juga ada Iron,Wood (Wilson,TaylorMade)
Hub:Edy 085797697115

37. Edy - 25 Februari 2011

Koreksi nomor telepon Edy : 085697697115

38. Advokat yuliyant0 - 4 Maret 2011

di jayapura papua kalau main di padang golf kodam cenderwasih hari biasa Rp. 150.000,- sabtu-minggu Rp. 200.000,-…murah…kan ;)

manadoboy - 21 Agustus 2011

di Padang Golf Gorontalo, kalo member cm Rp.50rb kalo non member Rp.75rb.. lebih murah di gorontalo lho.. hehe

39. Leo - 4 September 2011

Wah mantab nih artikelnya, boleh dong review jg mengenai budget yg dikeluarin utk skali maen driving dan game di lapangan2 golf skitar jakarta. Thanks

manadoboy - 5 September 2011

@ Pak Leo.. sy juga baru belajar golf nih.. driving di d’best cibitung bekasi : untuk 100 bola Rp.66rb. dan di jababeka driving range cuma 20rb untuk 100 bola.. just it!
happy golfing..

40. hendy - 23 Oktober 2011

buat PGI adakanlah sekolah golf untk kalangan bawah ,

41. KarDus - 21 Maret 2012

Mending buat sekolah golf gratis …

42. sutardi - 4 April 2012

untuk pak yulianto, di padang golf cenderawasih sdh naik pak kalau hari biasa 200 rb klau libur 250 rb

43. IRMA GOLF SHOP - 1 Mei 2012

kami rekomendasikan kebutuhan Golf Anda, used dengan kondisi good dan garansi original Us atau Japan.
klik website kami di http://WWW.GOLFIRMA.COM

Salam Golfer.

44. Eko Prayitno - Abunawas - 16 April 2013

Thanks atas sharenya.

Saya juga memiliki blog tentang manajemen, pengembangan pribadi, dan berinternet sehat. BArusan ada artikel tentang golf. Blognya: http://abunawas-oye.blogspot.com.

Terima kasih.

45. andi - 27 Mei 2013

kalau ada yang mau beli bola golf second, saya ada barang 21.000pcs, dgn harga nego. silahkan menghubungi 081281161638, terima kasih

46. Iwang - 31 Desember 2013

Blog yg sangat bermanfaat.. Apbl ada teman2 yg butuh club murah, saya ada satu set termasuk bag dgn merk pro king.. Bila berminat bs hub saya di +62 812-9355-0475.
Trims sblmnya

47. ali - 11 September 2014

waw rame juga dan artikelnya keren,.,
oh ya, gw pemula pengen belajar golf tapi masih bingung untuk memilih stik yang cocok dan murah seken..
kalo ada didaerah cikarang info y thanks


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: